Bersatu dengan Musuh

DATE

“Dan pada hari itu juga bersahabatlah Herodes dan Pilatus; sebelum itu mereka bermusuhan”

Lukas 23:12

Kekayaan, jabatan, uang, memang punya pengaruh yang luar biasa terhadap kehidupan seseorang. Bukan tidak mungkin seseorang berubah karena semuanya itu. Yang dulunya baik, tiba-tiba jadi jahat! Yang dulunya tulus, tiba-tiba penuh dengan tipu muslihat! Semua karena uang, bukan tidak mungkin anda dan saya menjadi “buta” karena uang. Tidak lagi bisa melihat mana kawan dan mana lawan. Mana kerabat dan bukan kerabat. Uang membuat anda dan saya menjadi kejam. Barangkali itulah yang membuat Herodes dan Pilatus bermusuhan. Walaupun berada dalam satu wilayah kerja, barangkali mereka tidak saling bertegur sapa.

Namun demikian ada sesuatu yang unik, terjadi dihari penyaliban Yesus. Kedua musuh bebuyutan ini, kembali dipersatukan. Dikatakan mulai hari ini “bersahabatlah mereka”, luar biasa bukan! Jadi disini kita melihat, penyaliban Yesus bukan saja menyatukan manusia dengan Allah, tetapi juga manusia dengan manusia.

Kalau Herodes dan Pilatus saja bisa dipersatukan, anda juga bisa kembali dipersatukan. Dipersatukan dengan siapa? Tentu saja dengan lawan-lawan anda. Karena saya percaya bukan cuma Herodes yang punya musuh. Anda dan saya juga bisa punya musuh. Orang-orang yang selama ini barangkali gemar memusuhi anda; orang yang pernah menikam anda dari belakang; orang yang selama ini merugikan anda; membuat anda susah dan lain sebagainya. Doa saya, kiranya dengan pertolongan Tuhan anda bisa mengampuni mereka, sama seperti Kristus mengampuni anda. Sulit pak! Betul sulit, itu sebabnya anda membutuhkan pertolongan Tuhan. Kiranya Tuhan terus menolong kita, supaya kaya akan anugerah.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on telegram
Share on print
Scroll to Top