Mengeluh Yang Baik

DATE

Mengeluh, siapa yang tak pernah? Saya yakin, semua kita pernah melakukannya. Bahkan, bagi orang tertentu hal ini sudah menjadi habit. Rasanya masih ada yang kurang, kalau belum mengeluh. Selalu saja ada yang bisa dikeluhkan. Apakah anda termasuk, orang yang demikian? Kalau boleh memberikan masukan, saya ingin berkata kepada anda, “kurangi kebiasaan mengeluh”. Karena kebiasaan itu hanya akan membuat anda semakin pesimis, dan membuat lawan bicara anda (orang lain) tak nyaman dengan kebiasaan anda. Sebagaimana optimisme itu menular, pesimisme juga menular!

Namun demikian dari firman Tuhan hari ini, saya mendapati sesuatu yang unik, dimana firman Tuhan mendorong kita untuk “mengeluh”. Mengeluh karena apa? Karena sakit? Karena gak punya pekerjaan? Karena gak punya uang? Atau karena gak dapat pasangan?…No, bukan karena itu…tetapai karena ini:

“Mengapa orang hidup mengeluh? Biarlah setiap orang mengeluh tentang dosanya!”

Ratapan 3:39

Apakah anda pernah melakukannya? Seringkah melakukannya? Jika tidak, anda perlu memulainya, kalau perlu jadikan ini sebagai habit, sebab inilah keluhan yang baik, yang dikenan Tuhan. Jadi jangan cuma mengeluh karena gak punya duit! Tapi mengeluhlah, karena segala dosa yang masih anda perbuat! Atau dengan kata lain, berdukalah karena itu!

Jadi pertanyaannya, dosa apa yang sudah anda sesali, hari ini?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on telegram
Share on print
Scroll to Top