Siap Menjadi Jorok

DATE

“Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: “Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu.”… Tetapi semua orang yang melihat hal itu bersungut-sungut, katanya: “Ia menumpang di rumah orang berdosa.”

Lukas 19:5, 7

Warna baju apakah yang anda suka? jika pertanyaan ini diajukan kepada saya, tentu saya akan menjawab baju yang berwarna cerah, bisa biru, kuning, merah muda, atau putih. Mengingat kulit saya gelap, jadi saya lebih PD kalau memakai warna-warna cerah. Tapi taukah anda, baju warna apa yang paling saya takuti?Tiap kali pakai, selalu bergumul! Ekstra hati-hati! Ekstra waspada! Ya, baju warna putih, itulah warna yang paling saya takuti, sebab kalau kotor kelihatan sekali. Malu dong, kalau dinilai orang jorok!

Ketika membaca firman Tuhan hari ini, jujur saya sangat kagum melihat Tuhan Yesus. Melihat apa yang Tuhan Yesus lakukan kepada Zakheus. Bagi orang Yahudi Zakheus adalah sampah, Zakheus adalah kotoran. Menyentuhnya akan membuat diri kita menjadi “najis”. Namun yang luar biasa, Yesus yang suci itu mau menyentuhnya. Dia tidak terganggu, apalagi marah ketika kesuciaan-Nya terkotori oleh Zakheus. Ketika orang berkata ini dan itu kepada-Nya! Sepertinya Ia masa bodoh, dan justru merasa bangga, jika diri-Nya disebut sebagai sahabat orang berdosa.

Bagaimana dengan kita? Adakah anda dan saya seperti Kristus? Terganggu dan malukah kita, jika “kesucian” (reputasi) kita sedikit terkotori “Zakheus-zakheus” zaman now? Karena pastinya “mereka” ada disekitar kita. Jika ya, itu berarti anda dan saya belum seperti Kristus. Namun jangan menyerah, terus berjuang, dengan pertolongan Tuhan tidak ada yang mustahil!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on telegram
Share on print
Scroll to Top