Sirosis Rohani

DATE

“Betapa liciknya hati, lebih licik dari pada segala sesuatu, hatinya sudah membatu: siapakah yang dapat mengetahuinya?”

Yeremia 17:9

Siapa yang tahu hati seseorang? Ya, jika pertanyaan itu ditanyakan kepada kita, mungkin kita akan teringat tentang seseorang yang dahulu pernah menyakiti kita. Mungkin orang tersebut dari luar terlihat seperti orang yang baik atau orang yang tulus. Senyum dibibirnya, gerak tubuhnya, atau mungkin perkataannya sangat lembut, sehingga kita tidak berpikir bahwa ia ternyata memiliki hati yang jahat seperti ular berbisa, yang siap menerkam kita ketika kita lengah.

Memang tidak ada yang tahu isi hati seseorang. Bahkan ilmuwan yang paling pintar sekalipun, belum dapat membuat alat yang dapat membaca isi hati seseorang. Manusia hanya bisa mengira-ngira, bagaimana isi hati seseorang dengan melihat penampilan luarnya. Sayangnya hal tersebut tidak dapat menjamin bahwa hasilnya 100% akurat.

Dan Alkitab menuliskan bahwa hati itu sangat licik, bahkan jauh lebih licik daripada segala sesuatu yang lain (ay.9a). Orang tidak dapat memperkirakan bagaimana isi hati seseorang dari penampilan luarnya. Bagaimana mungkin kita bisa mengetahui bahwa seseorang memiliki hati yang sudah keras dan membatu? Jangankan orang luar, diri kita sendiri kadang juga tidak sadar, kalau hati kita sudah mengeras dan membatu. Tapi betulkah tidak ada tandanya sama sekali? Menurut saya ada, anda bisa menguji hati anda dengan beberapa pertanyaan berikut ini: Apakah anda sudah semakin sulit menerima masukan atau teguran? Apakah anda selalu berkelit dengan kesalahan yang anda lakukan? Selalu mencari kambing hitam atau pembenaran? Selalu merasa diri paling benar? Jika semua anda jawab dengan Ya. Anda patut waspada!…Bukan tidak mungkin anda sedang mengidap Siroris Rohani.

Lalu apa yang perlu kita lakukan, jika betul itu yang terjadi? Pastinya datanglah kepada Tuhan, karena hanya Tuhan yang bisa menyembuhkan. Hanya Dia yang bisa memberikan hati yang baru kepada anda. Kiranya anda dan saya senantiasa waspada, karena anda dan saya punya potensi mengalami Sirosis Rohani.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on telegram
Share on print
Scroll to Top