Tertolak

DATE

Ditolak atau tertolak adalah pengalaman yang menyakitkan. Apa lagi jika itu dilakukan oleh orang yang selama ini kita kasihi. Entah itu, sahabat, pasangan atau orang tua. Itu sebabnya tak jarang pengalaman tertolak, meninggalkan luka yang serius dalam diri seseorang. Bukan fisik, tetapi mental atau jiwa. Kecewa, marah, minder, rasa tidak berharga, sulit percaya Tuhan, adalah beberapa dampak dari penolakan.

Seorang anak sekolah minggu, berkata sulit sekali percaya bahwa Allah itu seperti “Bapa”. Sebab setiap kali memikirkan Allah sebagai “Bapa” yang muncul dibenaknya adalah wajah papahnya, yang bengis, yang kasar, yang selalu menuntut, yang suka membanding-bandingkan dengan orang lain. Sehingga bukan rasa aman, tetapi kengerian yang ia rasakan tatkala ia mendengar bahwa Allah itu seperti “Bapa”. Apakah anda punya pengalaman serupa?

Jika pernah, saya mau berkata bukan cuma kamu yang pernah ditolak. Allah juga pernah ditolak, bahkan kalau boleh dikata, Dia sering mengalami penolakan. Itu sebabnya firman Tuhan berkata:

“Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya”

Yohanes 1:10-11

Menyakitkan,bukan! Itu sebabnya kalau hari ini kamu berdoa, dia tahu dengan pasti apa yang kamu rasakan. Dan berita baiknya, Dia bukan cuma tau apa yang kamu rasakan, tetapi juga tau bagaimana memulihkan kamu. Sebab Dia punya pengalaman tertolak jauh lebih banyak dari pada kamu. Dan lihat sampai hari ini, Dia baik-baik saja! Jadi tidak salah jika hari ini, kamu datang pada-Nya, dan belajar kepada-Nya, untuk mengatasi penolakan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on telegram
Share on print
Scroll to Top